Prosedur dan Ketentuan

Untuk Mengikuti Seleksi sebagai Calon Mahasiswa Politeknik APP Jakarta bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Tahapan Pendaftaran Seleksi Masuk Politeknik APP Jakarta meliputi :

    1. Penyetoran biaya Pendaftaran
    Calon Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- melalui Bank ke :

No. Rekening 0538-01-001505-30-1 BRI Cabang Depok
Atas nama BPn 182 Politeknik APP Jakarta
Sertakan berita pada slip transfer anda dengan format : namalengkap_pmb2017/2018

Untuk keperluan Registrasi
  1. Calon Peserta yang akan mendaftar secara Online harus men-scan Slip Setoran/Transfer
  2. Calon Peserta yang akan mendaftar secara Langsung menyerahkan Slip Setoran/Transfer ke Loket Pendaftaran

    2. Melakukan Registrasi Pendaftaran untuk mendapatkan akun Peserta PMB Politeknik APP Jakarta

  1. Registrasi secara langsung (di Kampus Politeknik APP Jakarta) dapat menyerahkan Slip Setoran Asli untuk mendapatkan No Test dan Password akun Peserta PMB Politeknik APP Jakarta
  2. Registrasi secara Online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik APP Jakarta

    3. Pengisian Kelengkapan Data Pendaftar

    Calon Peserta mengisi seluruh form data secara Online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik APP Jakarta. Isi seluruh Form     data dengan lengkap.

    4. Mencetak Kartu Peserta dan Formulir Pendaftaran
    Calon Peserta dapat mencetak Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran pada Menu Cetak melalui Akun Pendaftaran Mahasiswa Baru. Ketentuan Cetak Kartu Peserta Ujian sebagai berikut :
  1. Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran dicetak secara jelas dengan scala 100% (ukuran tidak diperkecil/diperbesar) disarankan ukuran kertas A4
  2. Kartu Ujian dan Formulir Pendaftaran dicetak secara Berwarna
  3. Kartu Peserta Ujian yang diakui/diperbolehkan mengikuti Seleksi hanya yang berfoto
  4. Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran diperlukan untuk pemberkasan pada saat Registrasi Ulang.
  5. Pada Kartu Peserta Ujian Tertera Pilihan Program Studi dan Pilihan Ujian Seleksi
  6. Calon Peserta tidak diperkenankan mengajukan Perubahan Pilihan Ujian Seleksi ataupun Pilihan Program Studi setelah Calon Peserta melakukan Registrasi/Pendaftaran.

    5. Mengirimkan Berkas Pendaftaran (Hanya untuk Jalur PPKA )
    Calon Peserta mengirimkan semua Berkas Pendaftaran dikirimkan melalui Pos (Paling Lambat Tanggal 18 April 2017 Cap Pos) atau secara langsung ke Kampus Politeknik APP Jakarta. Berkas tersebut meliputi :
  1. Hasil Cetak Formulir Pendaftaran
  2. Fotocopy Rapor semester 1 s.d 5 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang dengan cap dan tanda tangan basah.
  3. Surat Keterangan Berprestasi yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang dengan cap dan tanda tangan basah.
  4. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menerangkan Rincian Peringkat (Peringkat 10 Besar) di tiap Semester.
  5. ** Peserta Jalur PPKA adalah Siswa/i Fresh Graduate ( Tahun Ijazah 2017 )

  1. Ujian Seleksi yang diselenggarakan Politeknik APP Jakarta adalah sebagai berikut :
  2. - Jalur PPKA, Non Ujian, seleksi berdasarkan Nilai dan    Prestasi disekolah masing-masing

    - Jalur Ujian Tertulis, Ujian dilaksanakan dikampus Politeknik APP Jakarta    sesuai tanggal yang ditentukan

    - Jalur Ujian Online, Ujian dilaksanakan secara Online   melalui Akun Penerimaan Mahasiswa Baru sesuai   tanggal yang ditentukan pada masing-masing Pilihan   Tahapan Ujian Online yang ditawarkan. Untuk Ujian   Online memerlukan Username dan Password yang   dikirimkan melalui Virtual Account PMB masing-masing Peserta.

  3. Calon Peserta mengikuti Ujian Seleksi sesuai Tanggal pada masing-masing Pilihan Ujian Seleksi pada saat Pendaftaran
  4. Calon Peserta membawa Kartu Peserta Ujian pada saat pelaksanaan Ujian.
  5. Mata Pelajaran yang diujikan yaitu : Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dan Matematika.
  6. Calon Peserta mematuhi Tata Tertib Ujian Seleksi, Tata tertib tertera pada Kartu Ujian.


  1. Pengumuman Calon Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi, diumumkan sesuai tanggal yang telah ditentukan pada Agenda PMB melalui :
  2. - Pengumuman dikampus Politeknik APP Jakarta
    - Website Politeknik APP Jakarta
    - Akun Peserta PMB masing-masing
    - Sosial Media Resmi Politeknik APP Jakarta

  3. Pengumuman Kelengkapan Berkas yang dibutuhkan pada saat Registrasi Ulang dapat dilihat pada Akun Peserta PMB

Ketentuan Registrasi Ulang sebagai berikut :

  1. Calon  peserta  yang  dinyatakan Lulus  Seleksi  dapat  melakukan  pembayaran  biaya Semester I (satu) sebesar Rp. 2.750.000,- (Dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) ke rekening Bendahara Penerimaan APP  dengan ketentuan sebagai berikut:
  2. Setoran dilakukan melalui Bank.
  3. Periode penyetoran adalah tanggal  yang ditentukan.
  4. Bukti setor harus atas nama Calon Mahasiswa (Peserta yang  dinyatakan Lulus  Seleksi).
  5. Panitia tidak menerima bukti setor kolektif.
  6. Bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dan lain-lain).
  7. Calon  peserta  yang  dinyatakan Lulus  Seleksi membawa berkas yang diminta Panitia PMB Politeknik APP Jakarta pada saat Registrasi Ulang. (sesuai edaran yang diumumkan Politeknik APP Jakarta)