Home
Pages
Tata Cara Pendaftaran

Tata Cara Pendaftaran


Untuk Mengikuti Seleksi sebagai Calon Mahasiswa Politeknik APP Jakarta ada beberapa tahapan sebagai  berikut :

A. TAHAPAN PENDAFTARAN

1. Penyetoran biaya Pendaftaran
Calon Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.150.000,- melalui Bank BRI Cabang Depok Atas nama BPn 182 Politeknik APP Jakarta

Untuk keperluan Registrasi
  1. Calon Peserta yang akan mendaftar secara Online harus men-scan Slip Setoran/Transfer
  2. Calon Peserta yang akan mendaftar secara Langsung menyerahkan Slip Setoran/Transfer ke Loket Pendaftaran

2. Melakukan Registrasi Pendaftaran untuk mendapatkan akun Peserta PMB Politeknik APP Jakarta

  1. Registrasi secara langsung (di Kampus Politeknik APP Jakarta) dapat menyerahkan Slip Setoran Asli untuk mendapatkan No Test dan Password akun Peserta PMB Politeknik APP Jakarta
  2. Registrasi secara Online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik APP Jakarta

3. Pengisian Kelengkapan Data Pendaftar
Calon Peserta mengisi seluruh form data secara Online melalui Website Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik APP Jakarta. Isi seluruh Form dengan lengkap

4. Mencetak Kartu Peserta dan Formulir Pendaftaran
Calon Peserta dapat mencetak Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran pada Menu Cetak melalui Akun Pendaftaran Mahasiswa Baru. Ketentuan Cetak Kartu Peserta Ujian sebagai berikut :

  1. Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran dicetak secara jelas dengan scala 100% (ukuran tidak diperkecil/diperbesar) disarankan ukuran kertas A4
  2. Kartu Ujian dan Formulir Pendaftaran dicetak secara Berwarna
  3. Kartu Peserta Ujian yang diakui/diperbolehkan mengikuti Seleksi hanya yang berfoto
  4. Kartu Peserta Ujian dan Formulir Pendaftaran diperlukan untuk pemberkasan pada saat Registrasi Ulang.
  5. Pada Kartu Peserta Ujian Tertera Pilihan Program Studi dan Pilihan Ujian Seleksi
  6. Calon Peserta tidak diperkenankan mengajukan Perubahan Pilihan Ujian Seleksi ataupun Pilihan Program Studi setelah Calon Peserta melakukan Registrasi/Pendaftaran

5. Mengirimkan Berkas Pendaftaran (Hanya untuk Jalur PPKA )
Calon Peserta mengirimkan semua Berkas Pendaftaran dikirimkan melalui Pos (Paling Lambat Tanggal 23 April 2018 Cap Pos) atau secara langsung ke Kampus Politeknik APP Jakarta. Berkas tersebut meliputi :

  • Hasil Cetak Formulir Pendaftaran
  • Fotocopy Rapor semester 1 s.d 5 yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang dengan cap dan tanda tangan basah.
  • Surat Keterangan Berprestasi yang telah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah/Pejabat yang berwenang dengan cap dan tanda tangan basah.
  • Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah yang menerangkan Rincian Peringkat (Peringkat 10 Besar) di tiap Semester.

** Peserta Jalur PPKA adalah Siswa/i Fresh Graduate

B. TAHAPAN UJIAN SELEKSI

Ujian Seleksi yang diselenggarakan Politeknik APP Jakarta adalah sebagai berikut :

  1. Jalur PPKA, Non Ujian, seleksi berdasarkan Nilai dan Prestasi Akademik disekolah masing-masing
  2. Jalur Ujian Tertulis, Ujian dilaksanakan dikampus Politeknik APP Jakarta sesuai tanggal yang ditentukan
  3. Jalur Ujian Online, Ujian dilaksanakan secara Online melalui Akun Penerimaan Mahasiswa Baru sesuai tanggal yang ditentukan pada masing-masing Pilihan Tahapan Ujian Online yang ditawarkan. Untuk Ujian Online memerlukan Username dan Password yang dikirimkan melalui Virtual Account PMB masing-masing Peserta.
  • Calon Peserta mengikuti Ujian Seleksi sesuai Tanggal pada masing-masing Pilihan Ujian Seleksi pada saat Pendaftaran
  • Calon Peserta membawa Kartu Peserta Ujian pada saat pelaksanaan Ujian.
  • Mata Pelajaran yang diujikan yaitu : Pengetahuan Umum, Bahasa Inggris, dan Matematika.
  • Calon Peserta mematuhi Tata Tertib Ujian Seleksi, Tata tertib tertera pada Kartu Ujian.
C. TAHAPAN PENGUMUMAN

1. Pengumuman Calon Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi, diumumkan sesuai tanggal yang telah ditentukan pada Agenda PMB melalui :

  • Pengumuman dikampus Politeknik APP Jakarta
  • Website Politeknik APP Jakarta
  • Akun Peserta PMB masing-masing
  • Sosial Media Resmi Politeknik APP Jakarta

2. Pengumuman Kelengkapan Berkas yang dibutuhkan pada saat Registrasi Ulang dapat dilihat pada Akun Peserta PMB

D. TAHAPAN REGISTRASI ULANG

Ketentuan Registrasi Ulang sebagai berikut :

  1. Calon peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi dapat melakukan pembayaran biaya Semester I (satu) sebesar Rp. 2.750.000,- (Dua juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) ke rekening Bendahara Penerimaan APP
  2. Setoran dilakukan melalui Bank.
  3. Periode penyetoran adalah tanggal yang ditentukan.
  4. Bukti setor harus atas nama Calon Mahasiswa (Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi).
  5. Panitita tidak menerima bukti setor kolektif.
  6. Bukti setor harus disahkan/divalidasi petugas bank (tidak melalui ATM, Phone Banking, Internet Banking, dan lain-lain).
  7. Calon peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi membawa berkas yang diminta Panitia PMB Politeknik APP Jakarta pada saat Registrasi Ulang. (sesuai edaran yang diumumkan Politeknik APP Jakarta